Selasa, 25 November 2008

KETIKA AKU MENJADI GURU

KETIKA AKU MENJADI GURU



Sinar matahari yang menyinari bumi dapat menerangi dari kegelapan begitu pun dengan ilmu bagaikan cahaya.Buku adalah gudangnya ilmu,guru adalah kunci dari gudang tersebut.guru berperan penting bagi kita yang terpelajar,guru sangatberjasa senantiasa menyalurkan ilmu yang mereka punya kepada kita.

Menjadi guru yaitu menjadi pendidik yang baik di masa-masa sekarang ini tidaklah mudah. Kita harus sadari itu. Menjadi guru memang tidak mudah. Oleh sebab itu, yang kita perlukan saat ini bukan sebuah keluhan, namun upaya untuk memahami kehidupan mereka, memahami ketidak-berdayaan mereka, memahami ketak-mampuan mereka untuk mendalami ilmu yang mereka ajarkan.

Ketika aku menjadi guru,hal pertama yang aku lakukan adalah membuat para siswa percaya kepadaku.Mereka percaya akan ilmu yang akan aku sampaikan dan menjadikan ilmu itu bermanfaat bagi mereka.Selain rasa percaya yang kuberi pada mereka,aku akan mengerti akan perasaan pengertian pada mereka.Mengerti akan suasana ketika belajar,mengerti akan bagaimana menyelesaikan beberapa mengalami kesulitan mengerjakan soal.Karena semakin dekat murid dengan guru semakin kuat semangat belajar murid tersebut.mereka merasa ada pengganti seorang ibu disekolah yang selalu ada dalam suka maupun duka yaitu guru.

Yang kedua adalah rasa pantang menyerah dan tidak putus asa sehingga aku dapat memberi mereka yang terbaik.Pantang menyerah dalam mengajarkan mereka suatu pelajaran sehingga dapat dipahami oleh mereka,pantang menyerah dalam menghadapi berbagai sikap mereka pada guru.Pantang menyerah dalam mengajari mereka ilmu agama tahap demi setahap.

Dan menjadi seseorang yang membantu memperjelas arah jalan dan bagaimana mencap
ai tujuan. Dengan berbagai cara, strategi dan tip.Strategi belajar yang nyaman,dan dapat dipahami oleh mereka dan memberi mereka tip-tip yang menjadikan motivasi bagi mereka untuk mencapai tujuan mereka masing-masing.

kemudian yang ketiga aku dapat mengenal kekurangan diri sendiri dan memfokuskannya ke tujuan yang akan dicapai.denagn mengenal kekurangan diri sendiri maka aku akan berusaha untuk dapat memperbaiki atau menutupi kekurangan ku dengan kelebihan yang aku punya perlu.Kemudian membuat rencana pelajaran,sebagaimana seorang guru mempersiapkan pelajaran-pelajaran bagi murid-muridnya,sebelum aku sampaikan ilmu kepada mereka maka terlebih dahulu aku mempelajari atau mendalami ilmu yang akan aku sampaikan

Kebanyakan dari siswa tidak ingin menjadi guru.Karena dimata mereka guru adalah profesi yang sangat berat dan mereka-mereka yang mampu takkan mau menjadi guru karena mereka berpikir bahwa menjadi guru tak mempunyai masa depan yang cerah. Selain itu juga banyak orang yang tidak menghargai pekerjaan seorang guru karena satu dan lain hal, antara lain karena penghargaan finansial yang rendah dan hanya dapat mencukupi kehidupan mereka dalam segi materi. Banyak dari kita yang sesungguhnya bisa dan berbakat menjadi pengajar yang baik, namun menolak kesempatan itu karena materi yang bisa kita terima tak akan mampu menutup gaya hidup kita.

Pada akhirnya, menjadi guru hanya menjadi semacam pekerjaan untuk menghidupi kita. Maka tak heran, jika kita menolak untuk menjadi guru karena kita tahu bahwa penghasilan yang akan kita terima takkan pernah mencukupi kebutuhan hidup kita. Hidup yang kita inginkan menjadi sebuah kenyamanan dengan materi yang berlebih. Akan tetapi dari segi positifnya menjadi guru sebenarnya pekerjaan seorang guru itu lebih dari sekedar mulia. Karena menjadikan siswa yang asalnya tidak mengetahui akan suatu ilmu menjadi mengetahui akan hal itu.

Tidak ada komentar: